Home » » Beberapa Cara Mempercepat Loading Blog Atau Web

Beberapa Cara Mempercepat Loading Blog Atau Web

Cara Mempercepat Loading Blog. Menambah kecepatan loading blog atau web, merupakan hal yang sangat penting demi menjaga reputasi blog di mata peselancar web atau blog dimanapun berada. Tidak ada hal yang lebih buruk ketika halaman blog anda terlalu lama untuk dibuka oleh pengunjung. benar-benar suatu musibah untuk blog yang kita punya. Bayangkan seandainya kamu sendiri, disaat membuka sebuah blog atau web, waktu yang dibutuhkan untuk membuka satu halaman membutuhkan waktu cukup lama, halaman blog belum terbuka penuh, sudah langsung ditutup.


Tindakan seperti di atas sering terjadi dan dilakukan pengunjung blog untuk blog atau web yang loadingnya terlalu berat. Kita harus melakukan beberapa tindakan untuk mengatasi masalah ini. Tidak lain dan tidak bukan berusaha untuk mempercepat loading blog, membuat pengunjung merasa nyaman berkunjung ke blog atau web yang dimiliki. Ikuti langkah-langkah untuk mengatasi hal ini:

Mengurangi Widget Yang Tidak Perlu


Banyak para blogger baru seperti saya sendiri sering menambahkan widget-widget yang dipandang sangat tidak dibutuhkan oleh pengunjung blog. Contohnya seperti widget pagerank, widget jumlah pengunjung blog, widget jam dan sebagainya. Jelas widget-widget seperti ini jelas tidak dibutuhkan oleh pengunjung blog. Pengunjung blog tidak memperdulikan berapa tingkat pagerank blog yang dikunjungi, berapa banyak orang yang telah berkunjung di blog ini, dan sebagainya. Yang perlu diingat, bahwa pengunjung hanya membutuhkan informasi yang akurat, artikel yang menjawab kebutuhan pengunjung.


Memperkecil Ukuran Gambar


Gambar atau foto adalah salah satu atribut dalam artikel yang terkadang perlu ditambahkan pada setiap posting. Jelas yang dimaksud adalah gambar atau foto yang menunjang isi artikel. Usahakan resolusi pada gambar atau foto baik yang berekstensi JPG, GIF, PNG dan sebagainya itu dibuat seminimal mungkin atau jangan terlalu besar. Yang penting masih jelas tampilannya. Dengan resolusi gambar yang besar, akan mengakibatkan loading pada blog akan terasa berat, karena terlalu lama membaca file gambar yang kita tambahkan.


Kompres CSS atau Konten Blog


Ukuran file yang terlalu besar pada halaman tampilan dapat menghambat kecepatan loading. Untuk itu kita harus memperkecil ukuran file css yang terdapat diatara <b:skin> dan ]]></b:skin>. Banyak layanan yang memberikan layanan kompresi CSS yang bisa kita dapatkan di google, seperti :

- CSS Drive
- CSStidyonline
- CSScompressor

Sebenarnya masih banyak lagi layanan-layanan kompresi CSS yang bisa digunakan. Dengan memperkecil ukuran file CSS akan memberikan efek yang lebih besar mengenai kecepatan loading blog yang kita punya. Yang penting tanggung jawab kita sebagai pemilik blog untuk menghadirkan blog atau konten terbaik yang mudah diakses oleh pengunjung blog atau website yang kita miliki.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum,

    Terima kasih atas sharingnya, saya telah mencoba untuk Kompresi CSS. Ternyata bisa pula diterapkan untuk Blogspot ya, bukan hanya di Wordpress.

    Melengkapi tulisan agan, saya juga punya pengalaman dalam usaha optimasi template. Silahkan, gan. Barangkali berkenan membaca.

    http://www.kontakmedia.com/2015/08/optimasi-pemakaian-internet-penggunaan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang dengan melakukan kompres pada kode misa mempercepat loding blog mas.. supaya pengunjung tidak menutup blog kita sebelum terbuka semua..

      Delete

* Komentarlah yang sopan dan tidak mengandung sarah.
* Jangan gunakan Kotak Komentar dengan promosi produk serta usaha yang anda miliki. Silakan gunakan sarana Review Produk dan Jasa di blog ini. Maaf, akan dihapus.
* Terima kasih atas kunjungan, komentar dan partisipasi yang diberikan.

.