Home » » Penerapan Keyword Density Pada Artikel Atau Posting Blog

Penerapan Keyword Density Pada Artikel Atau Posting Blog

Ada beberapa pertanyaan yang saya dapatkan pada sebuah artikel tentang Keyword Density (KD) yang kita tempatkan pada sebuah artikel atau posting di blog. Dan seberapa pentingnya penerapan Keyword Density pada sebuah artikel yang kita buat. Berikut ini artikel yang saya buat untuk menjelaskan semua pertanyaan yang telah diberikan tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Keyword Density


Keyword Density atau Kepadatan Kata Kunci adalah Persentase atau banyaknya kata kunci yang yang kita terapkan pada penulisan sebuah artikel. Persentase ini mempunyai rumus tersendiri untuk mendapatkan jumlahnya.

Dalam penghitungan persentase KD, mempunyai rumus tersendiri untuk mendapatkannya. Bila kata kunci yang terdapat pada satu artikel berjumlah 5, dan pada artikel tersebut terdapat 350 kata, dikalikan dengan 100, contoh kata kunci tersebut "tas cantik",  maka untuk mendapatkan persentase kata kunci setiap artikel adalah : (5 x 2/350) x 100 = 2,95. Disimpulkan bahwa pada satu artikel terdapat kurang lebih 3%.

Pada beberapa sumber mengatakan bahwa persentase kata kunci yang ada pada setiap artikel tidak diperkenankan lebih dari 4%. penempatan kata kunci yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan artikel yang kita buat akan terkena pinalty. Benar atau tidak hal ini perlu dibuktikan.


Seberapa Pentingkah Keyword Density


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perlu apa tidak kita mempertimbangkan jumlah persentase KD pada satu artikel itu perlu dibuktikan kebenarnnya. Yang jelas kata kunci tersebut adalah merupakan salah satu faktor untuk menunjang mesin pencari untuk mendeteksi keberadaan blog yang kita miliki sesuai dengan tujuan blog yang diinginkan. Namun seperti yang kita ketahui KD bukanlah salah satu faktornya, tentu hal ini juga dengan ditunjang beberapa Meta Tag yang kita tempatkan pada template blog. Kedua hal tersebut, yaitu Keyword Density (KD) dan Meta Tag saling menunjang untuk keberhasilan blog yang kita miliki.

Satu hal yang harus diperhatikan, penempatan KD pada blog tidak boleh berlebihan bila tidak ingin terkena pinalti optimasi dari Google. Untuk mengecek berapa besar KD yang ada di artikel atau blog anda silakan kunjungi Tools Seobook

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan seputar seo,thanks.

    ReplyDelete
  2. Kadang saya malah ga mikirin KD karena kebanyakan nulis sesui dengan apa yg dipikirin :) tapi kalau keliatan terlalu banyak mengulang kata biasanya sy coba kurangi karena malah suka ga enak dibacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama buat sahabat Opik.. saya juga ga pernah menghitung KD kalau menulis artikel.. Cuma yang dijaga jangan sampai kalimat yang sama terus diulang-ulang. Yang jelas tidak akan enak dibaca nantinya..

      Delete

* Komentarlah yang sopan dan tidak mengandung sarah.
* Jangan gunakan Kotak Komentar dengan promosi produk serta usaha yang anda miliki. Silakan gunakan sarana Review Produk dan Jasa di blog ini. Maaf, akan dihapus.
* Terima kasih atas kunjungan, komentar dan partisipasi yang diberikan.

.