Home » » Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate Blog

Cara Mudah Menurunkan Bounce Rate Blog

Apa itu Bounce Rate ? Satu pertanyaan sebelum kita membahas mengenai cara menurunkan Bounce rate pada blog yang kita miliki yang akan saya tulis pada kesempatan ini. Menurut Wikipedia bahwa Bounce rate adalah tingkat persentase penghitungan tingkat efektivitas sebuah blog atau web yang dapat mendorong pengunjung untuk melanjutkan kunjungannya ke berbagai artikel dalam pada blog itu sendiri. Jadi kesimpulannya, bahwa semakin banyak artikel yang ada pada sebuah blog yang dibuka oleh setiap pengunjung dan bukan hanya berfokus kepada satu artikel, membuat bounce rate pada blog kita akan semakin baik.

Penilaian bertambah baiknya bounce rate pada blog ditandai dengan bertambah mengecilnya nilai persentase pengukuran. Artinya, setiap rata-rata satu pengunjung itu lebih dari satu artikel yang dibuka pada blog kita. Dan juga sebaliknya, bila nilai persentase dari bounce rate blog kita persentasenya semakin besar, maka boleh dikatakan bahwa kinerja blog kita terbilang buruk dan perlu beberapa efaluasi dan melakukan perubahan pada blog yang kita punya. Untuk melihat nilai Bounce rate yang kita punya silakan buka Google Analystics.

Ada beberapa faktor yang kita butuhkan untuk meningkatkan bounce rate blog yang harus dilakukan.

* Tampilan Blog

Tampilan blog merupakan salah satu faktor pengunjung untuk berminat mengunjungi blog kita. Buatlah sebuah blog dengan tampilan atau template yang sederhana, Tidak terlalu menjolok. Berilah gambaran kepada pengunjung blog bahwa kita memiliki adalah sebuah blog yang profesional. Minimal pada blog yang kita miliki terdapat Artikel Terkait dan atau Artikel Terpopuler sehingga memancing pengunjung kembali mengunjungi artikel lain pada blog kita.


* Judul Artikel

Judul sebuah artikel merupakan kata kunci dari sebuah artikel yang mengarahkan cara mesin pencari untuk mengindeks artikel yang kita buat. Buatlah judul setiap artikel kita dengan menarik, sederhana dan jelas. Yang mempunyai kata kunci yang kuat. Sehingga mesin pencari benar-benar dengan mudah mengindeks artikel kita sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Sebuah Judul yang baik akan memancing minat pengunjung untuk kembali membuka artikel lain pada blog yang kita punya. Dan hal ini berpengaruh kepada bounce rate blog.

* Isi Artikel

Buatlah sebuah artikel yang memang sesuai dengan pengetahuaan kita dan memang kita kuasai. Banyak sekali perbedaan dalam penulisan sebuah artikel bila admin website atau blog itu sendiri menguasai artikel yang dibuat dengan dibandingkan dengan hanya sekedar copy paste artikel lain. tingkat bahasa dan susunan katanya akan lebih berbobot dalam penyajian artikel itu sendiri. Dan bila artikel itu adalah sebuah tutorial, maka artikel tersebut memiliki cara penjelasan yang tersendiri dan lebih jelas serta tingkat kegagalan nol. Dan perlu diingat, berilah beberapa kata kunci pada artikel yang kita buat dengan mengarahkan pengunjung kepada artikel lain yang terkait.



Perubahan yang sangat nyata setelah saya melakukan beberapa perubahan pada blog yang saya punya. Hasil yang saya dapatkan atas perubahan ini sangatlah memuaskan. Bisa kita lihat dari kedua gambar di atas ini. Dengan melakukan sedikit perubahan seperti pada artikel ini, blog yang saya miliki bekerja semakin membaik.

Semoga artikel singkat ini ada manfaatnya...

2 komentar:

  1. Wuih keren bener bounce ratenya bisa 12% begitu, saya mah belum pakai analytic jadi belum tau berapa :) maklum masih lebih mikirin nulis konten dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menjadi blog yang keren mbak.. yang penting sabar dan tidak putus asa

      Delete

* Komentarlah yang sopan dan tidak mengandung sarah.
* Jangan gunakan Kotak Komentar dengan promosi produk serta usaha yang anda miliki. Silakan gunakan sarana Review Produk dan Jasa di blog ini. Maaf, akan dihapus.
* Terima kasih atas kunjungan, komentar dan partisipasi yang diberikan.

.