Home » » 8 Tips Aman Berbelanja Online

8 Tips Aman Berbelanja Online

8 Tips Aman Bertransaksi Online. Cara belanja online pada saat ini merupakan cara belanja yang semakin sering dilakukan untuk mencari barang yang tidak ada di kota atau daerah tempat kita tinggal. Bermacam barang yang kita inginkan dapat kita temukan dengan hanya mengetik nama barang di mesin pencari Google. Harganya cukup bervariasi lengkap dengan detail barang yang diinginkan.

Nofollow

Banyaknya barang dan variasi harga yang dapat diketemukan dengan mudah, hal inilah yang mengundang orang untuk melakukan pembelian barang secara online. Ditambah dengan sistim pembayaran mudah dan barang yang dibeli cepat sampai ke tujuan. Namun hati-hati, semuanya itu bukan tanpa resiko. Resiko uang yang telah dikirim namun barang yang tidak sampai, kasus ini tidak sedikit telah terjadi. Sudah banyak korban penipuan dari sistim belanja online ini.

Untuk menghindari resiko berbelanja online, mari ikuti beberapa tips aman berbelanja online berikut ini :

1.    Berhati-hati memilih situs, blog atau website toko online tempat kita bertransaksi. Periksa reputasi blog, situs atau website yang dipilih. Anda bisa memeriksa testismoni blog tersebut, biasanya diperkuat dengan tampilan resi atau struk pengiriman yang sudah dilakukan.

2.    Periksa kelengkapan barang yang ingin kita beli. Biasanya barang yang dibeli dilengkapi dengan detail barang dengan lengkap. Jangan cepat terpengaruh dengan banyaknya bonus yang diberikan.

3.    Jangan cepat tergiur dengan selisih harga yang jauh lebih murah dari situs-situs lain yang sejenis. Cari tahu harga pasaran barang yang dicari di pada situs-situs lain. 

4.    Cari tahu jumlah total pembayaran setelah ditambah dengan biaya pengiriman.

5.    Bila melakukan pembayaran melalui kartu kredit, hati-hati dalam pengisian formulir pembayaran. Hindari hal-hal yang sensitive, sihingga mengakibatkan kebocoran data pada kartu kredit yang dimiliki.

6.    Cepat lakukan konfirmasi ke pihak toko online setelah melakukan pembayaran. Untuk mengetahui apakah uang yang telah dikirimkan sudah diterima atau belum.

7.    Bila melakukan pembayaran melalui transfer bank atau ATM, simpan resi bukti penyetoran yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila pihak toko online memerlukan bukti pembayaran.

8.    Log out pada situs tempat kita melakukan pembelian setelah melakukan transaksi pembelian. Hal ini untuk menghilangkan data bila mana ada data pembayaran yang tertinggal di situs yang bersangkutan.

Ketujuh hal penting di atas menjadi pembelajaran buat kita semua. Begitu juga buat saya pribadi. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghidari kerugian besar yang bisa terjadi. 
 Tags : Tips aman berbelanja online, tips aman bertransaksi online, cara bertransaksi online, cara aman berbelanja online, beli barang online, beli barang lewat internet, bertransaksi lewat internet.

0 komentar:

Post a Comment

* Komentarlah yang sopan dan tidak mengandung sarah.
* Jangan gunakan Kotak Komentar dengan promosi produk serta usaha yang anda miliki. Silakan gunakan sarana Review Produk dan Jasa di blog ini. Maaf, akan dihapus.
* Terima kasih atas kunjungan, komentar dan partisipasi yang diberikan.

.

Choose Your Language